Nama : Ilham Adriansyah
Nim : 8020190323
Kelas : 01pt2
1. a. Arsitektur
Komputer
Arsitektur komputer mempelajari atribut
– atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki
dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana contoh: set
instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur komputer ini paling tidak
mengandung 3 sub-kategori:
1.
Set instruksi (ISA)
2.
Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem
desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
b.
Organisasi Komputer
Organisasi
komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit
operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer.
Contoh
aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada
kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang
programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O.
Ketika sebuah komputer pertama kali diaktifkan power-nya, maka komputer tersebut menjalankan operasi bootstrap. Operasi ini akan membaca sebuah instruksi dari suatu lokasi memory yang telah diketahui sebelumnya dan mentransfer instruksi tersebut ke control unit untuk dieksekusi. Instruksi-intruksi dibaca dari memory dan dieksekusi sesuai dengan urutan penyimpanannya. Program counter dari suatu computer menyediakan suatu cara untuk menyimpan lokasi instruksi berikutnya. Urutan eksekusi berubah dengan memindah lokasi intruksi baru ke program counter sebelum pembacaan (fetch) instruksi dikerjakan. Sebuah intruksi merupakan kalimat imperatif pendek yang sudah dapat menjelaskan makna dari perintah tersebut. Suatu intruksi terdiri dari :
1. subjek
(komputernya)
2. verb
(suatu kode operasi yang mengindikasikan pekerjaan apa yang akan dilaksanakan)
3. objek
(operands) yang mengidentifikasikan nilai data atau lokasi memory.
http://student.blog.dinus.ac.id/titowae/2015/06/24/perbedaan-organisasi-komputer- dengan-arsitektur-komputer/
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus